Welcome

Rabu, 05 Mei 2010

TIP&TRIK MENGOBATI IKAN KOI YANG SEDANG SAKIT

Cara Mengobati Ikan Koi Yang Sedang Sakit.


Ditujukan bagi pada anda para pengemar/hobby ikan koi, kali ini lara-duka akan memberi Tip atau Cara Merawat Ikan Koi kesayangan anda Yang Sedang Sakit, nah ini dia Tip Merawat Ikan Yang Sedang Sakit adalah :

1. Pertama-tama kenali ikan koi anda, kebiasaan yang hilang, yang biasanya banyak gerak (tingkah laku), porsi makan dan warna pada sirip ikan koi anda, adakah kejangalan yang terjadi, jika ada yang menyimpang mungkin ikan koi anda sedang sakit.

2. Angkat ikan koi anda yang sedang sakit dan masukkan kedalam bak penampungan untuk dikarantina yang diperlengkapi dengan pompa arus 100 Watt, dan pompa yang biasanya di aquarum yaitu pompa yang bisa mengeluarkan gelembung-gelembung dalam air sebagai supply oksigennya dan kemudian beli obat untuk mengobati lukanya yaitu : (1) Antibiotik misalnya Super Tetra 500mg, dan (2) Vitamin B serta (3) Vitamin C yang generik saja murah.

3. Didalam bak karantina kita berikan 1 kapsul Antibiotik bila ikannya kecil dan jika ikan yang sakit besar dan banyak maka beri 2 kapsul setiap harinya . begitu juga tablet vitanin B kompleks dan C, berikan masing-masing 1 butir setiap harinya, kalau ikan sakit jangan diberi makan selama 3-7 hari, kalau setelah 7 hari puasa, berikan makanan sedikit saja. Karena Ikan yang kenyang susah sembuhnya, 

4. Penyebab penyakit ikan koi adalah kotoran ikan koi itu sendiri, disitulah (kolam) tempat berkembang biaknya virus/penyakit, kuman dan bakteri yang berbahaya selama tidak tersedot masuk kedalam filter penyaringanya. Berikan juga Elbayau atau Gold-100 sesuai dosisnya yang tertera pada bungkusnya. Jangan kurang dan jangan berlebihan harus sesuai dosis karena ini obat untuk ikan Koi, Jangan sampe obat itu malahan menjadi hambatan untuk kesembuhan ikan koi anda.

5. Jika ikan koi anda sudah yakin sembuh maka baru boleh dicampur lagi dengan yang lainya, tapi jika belum sembuh total jangan dicampur dulu karena bisa ajah ikan yang sakit itu akan menulari ikan yang lainya. Jangan sampe ikan kesayangan anda jadi sakit semuanya.

6. Alangkah baiknya jika kolam dan peralatan yang akan anda masukkan ikan tersebut sudah anda kuras dan dalam keadaan bersih, karena mungkin saja airnya sudah mengandung penyakit,  agar virus didalam air hilang dan ikan anda tidak sakit lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar